Minggu, 16 Oktober 2016

TUGAS MANAJEMEN PROYEK & RESIKO MEMBUAT PROPOSAL PROYEK

PROPOSAL PROYEK
PENGEMBANGAN JARINGAN WIFI DI DAERAH PEDESAAN


I. Latar Belakang
       Dewasa ini, sudah tidak diragukan lagi bahwa internet merupakan sarana yang paling sering digunakan oleh berbagai macam kalangan, terlebih lagi sekarang internet hampir bisa didapatkan di semua tempat karena adanya fasilitas wireless internet atau lebih dikenal dengan nama WIFI. Sekarang internet tidak hanya digunakan untuk sarana hiburan semata tetapi juga banyak hal – hal lainnya yang bisa didapatkan melalui internet termasuk sarana pendidikan.
       Namun, fasilitas ini hanya sebatas berada di daerah perkotaan saja karena memang daerah perkotaan sangat membutuhkan jaringan internet demi kelangsungan kegiatan sehari – hari. Bagaimana dengan daerah pedesaan? Tentu saja masih sedikit daerah pedesaan yang mempunyai jaringan internet apalagi yang menggunakan jaringan WIFI.
       Oleh karena itu, dengan menggunakan proposal ini sebagai sarana untuk membuat proyek untuk mengembangkan jaringan internet di daerah pedesaan guna membuat daerah pedesaan semakin maju dan tidak tertinggal dengan daerah perkotaan sehingga masyarakat banyak yang menggunakan jaringan internet berbasis WIFI untuk digunakan oleh masyarakat pedesaan untuk membantu mempermudah keberlangsungan kehidupan mereka.


II. Ruang Lingkup Proyek Sistem
       Ruang lingkup proyek pengembangan jaringan WIFI di daerah pedesaaan adalah sebagai berikut :
1.    Menganalisis kebutuhan – kebutuhan masyarakat desa dalam upaya memperoleh informasi.
2.    Merencanakan proyek pembuatan jaringan WIFI di pedesaan di suatu wilayah yang memiliki masyarakat yang banyak.
3.  Membuat peta dari pedesaan tersebut supaya dapat menganalisa dimana lokasi terbaik membuat jaringan WIFI agar semua masyarakat merasakan dampaknya.
4.    Membuat jaringan WIFI dengan sarana dan prasarana nya dan memperkirakan jumlah yang dibutuhkan agar proyek berjalan dengan maksimal.
5. Menguji dan memperhitungkan apakah jaringan WIFI yang dibuat sudah memuaskan masyarakat dan dapat menghasilkan respon yang positif di daerah pedesaan.

III. Sasaran Proyek Pengembangan WIFI di Daerah Pedesaan
Adapun sasaran dari proyek pengembangan WIFI di daerah pedesaan adalah sebagai berikut ini, yaitu:
  1. Mempermudah sarana pendidikan di lingkungan desa.
  2. Mempermudah masyarakat pedesaan mendapatkan informasi.
  3. Melakukan komunikasi jarak jauh melalui email, blog, skype, messenger.
  4. Meningkatkan kualitas dari berbagai bidang karena dapat mengakses informasi baru dengan mudah.
IV. Permasalahan – Permasalahan
         Adapun permasalahan – permasalahan yang terjadi dalam mengembangkan jaringan internet di wilayah pedesaan adalah sebagai berikut:
1.    Kurangnya pengetahuan masyarakat di daerah pedesaan mengenai internet.
2. Lokasi yang kurang strategis untuk pemasangan WIFI dikarenakan hutan hutan masih banyak di daerah pedesaan yang bisa mengganggu kualitas sinyal WIFI.
3.   Jarak antar rumah – rumah di pedesaan masih terlampau lumayan jauh sehingga jaringan WIFI yang dibutuhkan mungkin bisa lebih dari satu sehingga bisa membuat biaya membesar.

V. Kebutuhan yang Diperlukan dalam Proyek
          Kebutuhan yang diperlukan guna merancang proyek pengembangan WIFI ini seperti Access Point, Antena Omni, Box Access Point, Kabel Pigtail/Kabal Jumper, POE (Power Over Ethernet), Kabel UTP/STP, Penangkal Petir dan Tower. Selain itu juga diperlukan jasa para ahli yang bertugas untuk memasang jaringan WIFI ini serta membutuhkan suatu lokasi yang strategis untuk memasangnya.

VI. Kegiatan Perencanaan
Beberapa kegiatan yang terkait dengan pemasangan infrastruktur WIFI meliputi pengadaan alat dan bahan, pemasangan, dan maintenance selama satu tahun. Adapun rincian kegiatan adalah sebagai berikut:

  1. Penyediaan alat, sarana dan prasarana
Penyediaan alat meliputi seperangkat alat access point lengkap (access point, PDA Wireles adapter, router, komputer server).

  1. Pemasangan infrastruktur WIFI
Pemasangan infra struktur fasilitas WIFI dengan access point meliputi pemasangan access point untuk suatu cakupan wilayah di pedasaan yang dapat mengakses internet.

  1. Maintenance selama 1 tahun.
Kebutuhan untuk operasional pengunaan fasilitas WIFI dengan access point meliputi pajak yang dibebankan kepada pelanggan penguna hostspot (internet tanpa kabel) selama 1 tahun.

  1. Kegiatan pembelajaran mengenai internet
Kegiatan ini meliputi pembelajaran masyarakat desa mengenai sarana internet dan cara menggunakannnya melalui sebuah penyuluhan atau seminar. Sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan seminar pembelajaran internet antara lain seperangkat laptop, LCD + layar, webcamp, micropone, seperangkat speaker lengkap , televisi.

VII. Biaya
            Perkiraan biaya yang digunakan untuk membuat proyek pengembangan WIFI ini per satu jaringan WIFI adalah sebagai berikut :

1.    Access Point
2.    Antena Omni
3.    Box Access Point
4.    Kabel Pigtail/Kabel Jumper
5.    POE
6.    Kabel UTP/STP
7.    Penangkal Petir
8.    Pemasangan Tower
9.    Pemasangan Instalasi WIFI
10.  Maintenance
11.  Kegiatan Pembelajaran Internet
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
800.000
600.000
65.000
30.000
150.000
2.000.000
2.500.000
3.500.000
1.000.000
1.000.000
1.000.000
Total Perkiraan Biaya
Rp.
12.645.000

VIII. Pemeliharaan
          Dalam hal ini pemeliharaan yang dimaksudkan untuk perbaikan jaringan WIFI dan juga mengatasi berbagai macam kendala – kendala yang terjadi dengan permasalahan jaringan WIFI yang telah tersedia.
            Kemudian hal yang dilaksanakan lagi adalah pengawasan terhadap layanan WIFI yang diberikan agar tiak memberikan dampak negatif terhadap masyarakat dikawasan pedesaan yang telah menggunakan jaringan WIFI tersebut.

IX. Waktu Pengerjaan
          Waktu yang diperlukan dalam proyek ini adalah kurang lebih selama satu bulan. Dikarenakan adanya upaya pencarian lokasi yang layak dan pengerjaan di medan yang cukup sulit.

X. Penutup
            Demikian proposal ini dibuat. Dalam penyusunan proposal ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Selain itu semoga proposal ini bisa terjadi kerjasama yang baik antara kami selaku pihak penyelenggara dan pihak pedesaan yang merupakan sasaran dari proposal ini.

Hormat Kami,


ICHWAN KURNIA M.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar