Senin, 17 April 2017

Interface

Pengertian antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).


Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).

Fitur Antar Muka Penguna Telematika Dalam Antar Muka Telematika terdapat 6 jenis fitur yaitu:
1.   Head Up Display System Merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunaannya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.
2.   Tangible User Interface Antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik.
3.   Computer Vision Merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
4.   Browsing Audio Data Browsing audio data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio
5.   Speech Recognition Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan
6.   Speech Synthesis Merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.

Pada komputer sendiri interface mempunyai fungsi penting dalam menghubungkan mikroprosesor secara langsung dengan piranti yang ingin dijalankannya. Diperlukan suatu teknik untuk mengantarmukakan (interfacing) pemroses utama dengan piranti dari luar. Teknik ini dapat digunakan melalui :

1.   Perangkat Lunak, berupa program yakni suatu prosedur tertentu untuk menjalankan piranti. Dalam dunia computer program ini lebih dikenal dengan Driver/Installer. Adapula perangkat lunak yang dimasukkan kedalam perangkat keras yang disebut Firmware.

2.   Perangkat Keras, yakni berupa piranti khusus mulai dari serpih (IC) yang terintegrasi dalam sebuah papan induk (Chipsets-Onboard), berupa sebuah port atau bahkan terintergrasi kedalam papan yang ditancapkan pada system bus (Card).

Hal – hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan suatu interface yang baik dalam sebuah perancangan adalah :

Dialog yang Sederhana dan Alami User interface harus seringkas mungkin dan bersifat natural. Setiap dialog seharusnya menghindari perintah-perintah yang tidak perlu dan tidak ada hubungannya dengan interface.

Berbicara dengan Bahasa Pengguna Dialog seharusnya menggunakan bahasa yang dipahami oleh user. Perintah-perintah yang berorientasi mesin mestinya tidak digunakan sama sekali.
Mengurangi Beban Ingatan Pengguna User seharusnya tidak dibebani untuk mengingat atau menghapal pada saat berinteraksi dengan sistem. Sebagai contoh penggunaan menu dapat mengurangi beban user dibandingkan penggunaan baris perintah.

Konsisten Ciri-ciri konsisten adalah dapat menghindarkan user dari rasa was-was atau ragu-ragu di saat menggunakan suatu perintah atau fungsi.

Sistem Timbal Balik Sistem seharusnya memberitahu pengguna segala aktifitas yang sedang berlaku atau status dari sistem. Status sistem menunggu input dari pengguna, memproses input, menampilkan output, dan sebagainya.

Jalan Keluar yang Jelas Sistem seharusnya dapat memberikan penjelasan tentang kondisi dan solusi untuk menghaindari user terperangkap dalam tampilan-tampilan yang tidak diinginkan, aktivitas atau situasi dalam berinteraksi dengan sistem. Apabila user melakukan kesalahan dalam memilih perintah maka ia dapat keluar dari kesalahan tanpa ada masalah, misalnya perintah Undo.

Pesan Kesalahan yang Baik Menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukkan situasi bahwa user berada dalam kondisi bermasalah. Pesan kesalahan yang digunakan harus jelas dan mudah dipahami dan penyampaian kesalahan dilakukan secara sopan.
Mencegah Kesalahan Rekayasa interface yang baik seharusnya mampu membuat user menghindari kesalahan, misalnya interaksi dengan menggunakan menu dan membuat panduan berupa help & documentation.

5 hal yang perlu diperhatikan dalam mendesign User Interfaces :
1.      Mencocokan User Interface.
2.      Membuat User Interface yang efisien.
3.      Memberikan timbal balik pada User.
4.      Menghasilkan query yang berguna dan bermanfaat.
5.      Meningkatkan penggunaan komputer oleh User

Pengertian lain dari Interface adalah hubungan komputer dengan perangakat keras eksternal untuk keperluan pemrosesan berbasis computer. Interface atau antarmuka merupakan penghubung antara dua sistem atau alat. Media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat terintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
Interface ini, meliputi:

1. perangkat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, dan perangkat yang secara tidak langsung mengontrol perangkat lunak.

2. piranti input atau output

3. prosedur pemakaian perangkat. Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.

Interface Hardware pada komputer biasanya disebut terminal atau port. Teriminal  tersebut  dapat berupa terminal serial dan USB. Sebelum ditemukannyau USB maka port yang paling banyak digunakan adalah serial dan parale. Tetapi setelah penemuan USB penggunaan port jenis ini semakin berkurang, hal ini didukung oleh keuntungan yang ditawarkan melalui teknologi USB.

Berikut ini adalah jenis – jenis port di komputer :

A.  SERIAL PORT

Serial Port atau Terminal seri adalah port yang menggunakan teknik interfacing secara seri. Dalam teknik ini masing-masing bit data dikirim secara berurutan (serial), sehingga dalam satu detak (satuan waktu) hanya 1 bit data yang dikirim, lalu data berikutnya sampai semua data yang akan dikirim sudah terkirim.

Ada dua jenis komunikasi data melalui port serial yaitu:

1.      Sinkron artinya Komunikasi sinkron adalah komunikasi data dimana clock dikirim bersamaan dengan data.
2.      Asinkron artinya Pada asinkron, clock tidak dikirimkan bersamaan dengan data, tetapi dibangkitkan  pada masing-masing sisi pengirim dan penerima.

KEUNTUNGAN 
·         Tidak membutuhkan banyak jalur- Jarak pengiriman jauh
·         Banyak microcontroller menggunakan SCI (Serial Communication Interface) untuk berkomunikasi dengan “dunia luar”.

KELEMAHAN
·         Kecepatan pengiriman lebih lambat
·         Serial port lebih sulit ditangani, karena data di komputer diolah secara paralel sehingga data dari & ke serial port perlu dikonversi ke serial.
·         Dari Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat.

B.  PARALEL PORT

Parallel port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port paralel merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port seri. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port. Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams, Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu, port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.
Port parallel untuk mentransmisikan data pada jarak yang pendek secara cepat. Port ini sering dipakai untuk menghubungkan printer, disk eksternal, atau tape magnetikuntuk backup.

Keuntungan Paralel Interfacing
·         Pengiriman data Lebih cepat
·         Menggunakan sedikit jalur

Kelemahan Paralel Interfacing
·         Hanya efektif untuk jarak pendek
·         Menggunakan banyak jalur

Model Paralel Port
Berdasarkan IEEE 1284 ada ada 5 mode yaitu:

1.   Compability Mode
Mode ini adalah mode alur maju, digunakan untuk transfer data dari PC ke Periperal. 8 bit data dikirm  dalam  detak.  Penggunaan  kata  Compatibility  adalah  karena  setiap terminal paling sederhana harus dapat menangani mode ini.

2.   Nibble Mode
Mode ini adalah mode alur mundur, digunakan untuk mentransfer data dari peripheral ke PC. Data dikirim 4 bit secara bersamaan, sehingga untuk membentuk karakter-karekter yang dikirim pada sisi penerima harus ditata ulang (resemble) oleh karena itu, mode ini akan lebih lambat.

3.   Byte Mode
Merupakan modifikasi dari mode nibble. Pada mode ini data telah dapat dikirim per byte dalam satu detak. Contoh port yang menggunakan mode ini adalah PS/2. Dalam komputer masa kini, PS/2 digunakan untuk terminal keyboard dan mouse.

4.   Enhanced Parallel Port (EPP) Mode
EPP bekerja dalam dua mode, baik alur maju maupun mundur. Mode ini dapa mentransfer 1 byte data dalam satu waktu pada setiap jalur. Keuntungan utama dari mode EPP dibandingkan dengan compability, Nibble, dan Byte adalah pada kecepatannya. Mode ini dapa menulis dan membaca melalui satu bus ISA sudah. Mode ono juga dapat dengan sangat cepat mengubah arah data. Hal ini membuat mode ini adalah pilihan yang sangat baik untuk   peripheral penyimpanan data. Mode EPP juga telah mencakup penggunaan mode sebelumnya jika dibutuhkan.

5.   Extended Capabilities Port (ECP) Mode
ECP adalah pengembangan lebih lanjut dari mode EPP. ECP mendukung dua lajur. Perbedaanya adalah adanya buffering data dan adanya DMA, yang mendukung pembacaan dan penulisan data secara langsung ke memory, sehingga tidak menjadi beban dalam sistem CPU. Juga sistem pengkompresan data, sehingga akan menyebabkan data lebih efisien.

C. USB PORT

Penggunaan serial dan pararel port sangat terbatas dalam hal transfer data, sementara perkembangan teknologi membutuhkan transfer data yang lebih cepat. Universal serial bus (USB) adalah solusi untuk masalah ini. Dengan menggunakan USB, transfer data berlangsung jauh lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan port type lainya. Berikut ini adalah perbandingan performa antara USB dan bebepa jenis port.

Keuntungan USB PORT
·         Mudah digunakan karena dapat terkonfigurasi  secara  otomatis  oleh OS.
·         Dapat digunakan untuk banyak jenis peripheral.
·         Dapat dihubungkan dengan komputer dalam kondisi hidup. Sehingga tidak perlu mematikan komputer terlebih dahulu. (hot pluggable)
·         Kecepatan yang berlipat. Dapat mencapai 5 Gbps untuk USB dengan empat bus.
·         Murah, dan mengurangi pemakaian energi.

Kelemahan USB PORT
·         Tidak dapat digunakan dalam komunikasi peer to peer.
·         Hanya efektif untuk jarak yang pendek. Dibutuhkan hub untuk jarak yang lebih jauh.
·         Tidak dapat digunakan untuk komputer-komputer tua karena ketidaktersediaan port.

Pengertian dan Fungsi Port USB
Universal Serial Bus atau USB adalah port yang didesain untuk memungkinkan berbagai macam periferal dengan socket yang terstandarisasi dapat dihubungkan dengan baik pada komputer sehingga tidak terjadi banyak macam port. Hal ini akan meningkatkan kemampuan plug and play yang memungkinkan satu perangkat dapat dihubungkan dan dilepaskan tanpa harus melakukan reboot komputer. USB juga menyediakan catu daya untuk perangkat keras yang mengkonsumsi daya rendah (+ 5 volt, 1 A) tanpa perlu menggunakan catu daya eksternal. Ditambah lagi kemampuan untuk memungkinkan perangkat keras digunakan tanpa harus menginstall driver khusus.

Kesimpulan
Interface atau antarmuka merupakan suatu perangkat penghubung ke komputer baik berupa software maupun hardware. Software dari antarmuka adalah sebuah sistem operasi yang menyediakan layanan untuk antarmuka antara user dengan program di dalam komputer sehingga user dapat dipermudah pekerjaannya. Sedangkan antarmuka hardware pada komputer merupakan port port yang terpasang pada bagian hardware pada komputer yang menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat keras lainnya yang bukan merupakan bagian dari komputer atau perangkat eksternal.

Sumber :
http://komputerrjaringan.blogspot.co.id/2010/10/fungsi-interface.html
http://caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan-contohnya.html
http://rahmanrobotic1508.blogspot.co.id/2013/03/definisi-interface-pada-komputer_460.html
http://giantika.ilearning.me/2014/02/19/interface-pada-komputer-pc-2/
http://zahrotulhayati.ilearning.me/?p=176
http://blogs.unpas.ac.id/kisworo/2014/03/20/pengertian-serial-port-paralel/

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus