Pengertian antarmuka (interface) adalah
salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi
antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi
yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka,
yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem operasi melalui text-terminal.
Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan
cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap
sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX
memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft
Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt.
Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux
mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan
pada Apple namanya adalah commandshell.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh
pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik,
ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball.
Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Fitur
Antar Muka Penguna Telematika Dalam Antar Muka Telematika terdapat 6 jenis
fitur yaitu:
1. Head
Up Display System Merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data
tanpa mengharuskan penggunaannya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut
pandang biasanya.
2. Tangible User Interface Antarmuka
dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan
fisik.
3. Computer Vision Merupakan ilmu
pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
4. Browsing Audio Data Browsing audio
data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio
5. Speech Recognition Merupakan salah
satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan
6. Speech Synthesis Merupakan hasil
kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.
Pada komputer sendiri
interface mempunyai fungsi penting dalam menghubungkan mikroprosesor secara langsung dengan piranti yang ingin
dijalankannya. Diperlukan suatu teknik untuk mengantarmukakan (interfacing)
pemroses utama dengan piranti dari luar. Teknik ini dapat digunakan melalui :
1. Perangkat
Lunak, berupa program yakni suatu prosedur tertentu untuk menjalankan piranti.
Dalam dunia computer program ini lebih dikenal dengan Driver/Installer. Adapula
perangkat lunak yang dimasukkan kedalam perangkat keras yang disebut Firmware.
2. Perangkat
Keras, yakni berupa piranti khusus mulai dari serpih (IC) yang terintegrasi
dalam sebuah papan induk (Chipsets-Onboard), berupa sebuah port atau bahkan
terintergrasi kedalam papan yang ditancapkan pada system bus (Card).
Hal
– hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan suatu interface yang baik
dalam sebuah perancangan adalah :
Dialog
yang Sederhana dan Alami User interface harus seringkas mungkin dan bersifat
natural. Setiap dialog seharusnya menghindari perintah-perintah yang tidak
perlu dan tidak ada hubungannya dengan interface.
Berbicara
dengan Bahasa Pengguna Dialog seharusnya menggunakan bahasa yang dipahami oleh
user. Perintah-perintah yang berorientasi mesin mestinya tidak digunakan sama
sekali.
Mengurangi
Beban Ingatan Pengguna User seharusnya tidak dibebani untuk mengingat atau
menghapal pada saat berinteraksi dengan sistem. Sebagai contoh penggunaan menu
dapat mengurangi beban user dibandingkan penggunaan baris perintah.
Konsisten
Ciri-ciri konsisten adalah dapat menghindarkan user dari rasa was-was atau
ragu-ragu di saat menggunakan suatu perintah atau fungsi.
Sistem
Timbal Balik Sistem seharusnya memberitahu pengguna segala aktifitas yang
sedang berlaku atau status dari sistem. Status sistem menunggu input dari
pengguna, memproses input, menampilkan output, dan sebagainya.
Jalan
Keluar yang Jelas Sistem seharusnya dapat memberikan penjelasan tentang kondisi
dan solusi untuk menghaindari user terperangkap dalam tampilan-tampilan yang
tidak diinginkan, aktivitas atau situasi dalam berinteraksi dengan sistem.
Apabila user melakukan kesalahan dalam memilih perintah maka ia dapat keluar
dari kesalahan tanpa ada masalah, misalnya perintah Undo.
Pesan
Kesalahan yang Baik Menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan
menunjukkan situasi bahwa user berada dalam kondisi bermasalah. Pesan kesalahan
yang digunakan harus jelas dan mudah dipahami dan penyampaian kesalahan
dilakukan secara sopan.
Mencegah
Kesalahan Rekayasa interface yang baik seharusnya mampu membuat user
menghindari kesalahan, misalnya interaksi dengan menggunakan menu dan membuat
panduan berupa help & documentation.
5
hal yang perlu diperhatikan dalam mendesign User Interfaces :
1. Mencocokan User Interface.
2. Membuat User Interface yang efisien.
3. Memberikan timbal balik pada User.
4. Menghasilkan query yang berguna dan
bermanfaat.
5. Meningkatkan penggunaan komputer
oleh User
Pengertian lain dari Interface adalah hubungan komputer
dengan perangakat keras eksternal untuk keperluan pemrosesan berbasis computer. Interface
atau antarmuka merupakan penghubung antara dua sistem atau alat. Media penghubung
antara satu subsistem dengan subsistem lainnya.
Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke
subsistem yang lainnya. Keluaran (output)
dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input)
untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat terintegrasi dengan subsistem yang lainnya
membentuk satu kesatuan.
Interface ini, meliputi:
1. perangkat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, dan perangkat yang secara tidak langsung mengontrol perangkat lunak.
2. piranti input atau output
3. prosedur pemakaian perangkat. Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.
Interface Hardware pada komputer biasanya disebut terminal atau
port. Teriminal
tersebut dapat berupa terminal serial dan USB. Sebelum
ditemukannyau USB maka port yang paling banyak digunakan adalah serial dan
parale. Tetapi setelah penemuan USB penggunaan port jenis ini semakin
berkurang, hal ini didukung oleh keuntungan yang ditawarkan melalui teknologi
USB.
Berikut
ini adalah jenis – jenis port di komputer :
A. SERIAL PORT
Serial
Port atau Terminal seri adalah port yang menggunakan teknik interfacing secara
seri. Dalam teknik ini masing-masing bit data dikirim secara berurutan
(serial), sehingga dalam satu detak (satuan waktu) hanya 1 bit data yang
dikirim, lalu data berikutnya sampai semua data yang akan dikirim sudah
terkirim.
Ada dua jenis komunikasi data melalui
port serial yaitu:
1. Sinkron artinya Komunikasi sinkron adalah komunikasi data
dimana clock dikirim bersamaan dengan data.
2. Asinkron artinya Pada asinkron, clock tidak dikirimkan bersamaan
dengan data, tetapi dibangkitkan pada masing-masing sisi pengirim dan
penerima.
KEUNTUNGAN
·
Tidak
membutuhkan banyak jalur- Jarak pengiriman jauh
·
Banyak
microcontroller menggunakan SCI (Serial Communication Interface) untuk
berkomunikasi dengan “dunia luar”.
KELEMAHAN
·
Kecepatan
pengiriman lebih lambat
·
Serial
port lebih sulit ditangani, karena data di komputer diolah secara paralel
sehingga data dari & ke serial port perlu dikonversi ke serial.
·
Dari
Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat.
B.
PARALEL PORT
Parallel port atau biasa disebut dalam
bahasa Indonesia adalah port paralel merupakan sebuah port pada personal
computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan
perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi
dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak
daripada port seri. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau
Centronics Port. Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard
dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams,
Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel
ke SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu,
port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan
peralatan elektronika.
Port parallel untuk mentransmisikan data pada jarak yang pendek secara cepat. Port ini sering dipakai untuk menghubungkan printer, disk eksternal, atau tape magnetikuntuk backup.
Port parallel untuk mentransmisikan data pada jarak yang pendek secara cepat. Port ini sering dipakai untuk menghubungkan printer, disk eksternal, atau tape magnetikuntuk backup.
Keuntungan
Paralel Interfacing
·
Pengiriman
data Lebih cepat
·
Menggunakan
sedikit jalur
Kelemahan
Paralel Interfacing
·
Hanya
efektif untuk jarak pendek
·
Menggunakan
banyak jalur
Model
Paralel Port
Berdasarkan
IEEE 1284 ada ada 5 mode yaitu:
1.
Compability Mode
Mode
ini adalah mode alur maju, digunakan untuk transfer data dari PC ke Periperal.
8 bit data dikirm dalam detak. Penggunaan kata Compatibility
adalah karena setiap terminal paling sederhana harus
dapat menangani mode ini.
2.
Nibble Mode
Mode
ini adalah mode alur mundur, digunakan untuk mentransfer data dari peripheral
ke PC. Data dikirim 4 bit secara bersamaan, sehingga untuk membentuk
karakter-karekter yang dikirim pada sisi penerima harus ditata ulang (resemble)
oleh karena itu, mode ini akan lebih lambat.
3.
Byte Mode
Merupakan
modifikasi dari mode nibble. Pada mode ini data telah dapat dikirim per byte
dalam satu detak. Contoh port yang menggunakan mode ini adalah PS/2. Dalam
komputer masa kini, PS/2 digunakan untuk terminal keyboard dan mouse.
4.
Enhanced Parallel Port (EPP) Mode
EPP
bekerja dalam dua mode, baik alur maju maupun mundur. Mode ini dapa mentransfer
1 byte data dalam satu waktu pada setiap jalur. Keuntungan utama dari mode EPP
dibandingkan dengan compability, Nibble, dan Byte adalah pada kecepatannya.
Mode ini dapa menulis dan membaca melalui satu bus ISA sudah. Mode ono juga
dapat dengan sangat cepat mengubah arah data. Hal ini membuat mode ini adalah
pilihan yang sangat baik untuk peripheral penyimpanan data. Mode
EPP juga telah mencakup penggunaan mode sebelumnya jika dibutuhkan.
5.
Extended Capabilities Port (ECP) Mode
ECP
adalah pengembangan lebih lanjut dari mode EPP. ECP mendukung dua lajur.
Perbedaanya adalah adanya buffering data dan adanya DMA, yang mendukung
pembacaan dan penulisan data secara langsung ke memory, sehingga tidak menjadi
beban dalam sistem CPU. Juga sistem pengkompresan data, sehingga akan
menyebabkan data lebih efisien.
C. USB PORT
Penggunaan
serial dan pararel port sangat terbatas dalam hal transfer data, sementara
perkembangan teknologi membutuhkan transfer data yang lebih cepat. Universal
serial bus (USB) adalah solusi untuk masalah ini. Dengan menggunakan USB,
transfer data berlangsung jauh lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan port
type lainya. Berikut ini adalah perbandingan performa antara USB dan bebepa
jenis port.
Keuntungan
USB PORT
·
Mudah
digunakan karena dapat terkonfigurasi secara otomatis
oleh OS.
·
Dapat
digunakan untuk banyak jenis peripheral.
·
Dapat
dihubungkan dengan komputer dalam kondisi hidup. Sehingga tidak perlu mematikan
komputer terlebih dahulu. (hot pluggable)
·
Kecepatan
yang berlipat. Dapat mencapai 5 Gbps untuk USB dengan empat bus.
·
Murah,
dan mengurangi pemakaian energi.
Kelemahan
USB PORT
·
Tidak
dapat digunakan dalam komunikasi peer to peer.
·
Hanya
efektif untuk jarak yang pendek. Dibutuhkan hub untuk jarak yang lebih jauh.
·
Tidak
dapat digunakan untuk komputer-komputer tua karena ketidaktersediaan port.
Pengertian
dan Fungsi Port USB
Universal
Serial Bus atau USB adalah port yang didesain untuk memungkinkan berbagai macam
periferal dengan socket yang terstandarisasi dapat dihubungkan dengan baik pada
komputer sehingga tidak terjadi banyak macam port. Hal ini akan meningkatkan
kemampuan plug and play yang memungkinkan satu perangkat dapat
dihubungkan dan dilepaskan tanpa harus melakukan reboot komputer. USB juga
menyediakan catu daya untuk perangkat keras yang mengkonsumsi daya rendah
(+ 5 volt, 1 A) tanpa perlu menggunakan catu daya eksternal. Ditambah lagi
kemampuan untuk memungkinkan perangkat keras digunakan tanpa harus menginstall
driver khusus.
Kesimpulan
Interface atau antarmuka merupakan suatu perangkat penghubung ke komputer baik berupa software maupun hardware. Software dari antarmuka adalah sebuah sistem operasi yang menyediakan layanan untuk antarmuka antara user dengan program di dalam komputer sehingga user dapat dipermudah pekerjaannya. Sedangkan antarmuka hardware pada komputer merupakan port port yang terpasang pada bagian hardware pada komputer yang menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat keras lainnya yang bukan merupakan bagian dari komputer atau perangkat eksternal.
Sumber :
http://komputerrjaringan.blogspot.co.id/2010/10/fungsi-interface.html
http://caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan-contohnya.html
http://rahmanrobotic1508.blogspot.co.id/2013/03/definisi-interface-pada-komputer_460.html
http://giantika.ilearning.me/2014/02/19/interface-pada-komputer-pc-2/
http://zahrotulhayati.ilearning.me/?p=176
http://blogs.unpas.ac.id/kisworo/2014/03/20/pengertian-serial-port-paralel/
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
BalasHapus-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?